Tugas Teknologi Dalam Bidang Perbankan

Tugas Teknologi Dalam Bidang Perbankan

Posted on

Tugas Teknologi Dalam Bidang Perbankan – Adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah dan menyimpan menginformasikan dan menyebarkan sebuah informasi sebagai contoh dari teknologi informasi ini adalah ini bukan hanya berupa komputer pribadi tetapi juga telpon , TV, peralatan rumah tangga elektronik dan handphone.

A. Pengertian perbankan

Menurut undang undang Republik indonesia nomor 10 tahun 1998 bank adalah badan usaha yang menghimpun sebuah dana dari masyarakat yang berbentuk simpanan dan menyalurkan kembali kemasyarakat dalam bentuk kredit dan dalam bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa bank adalah badan usaha milik negara dan swasta yang mempunyai fungsi dan tugas perbankan untuk menghimpun serta menyalurkan dana masyarakat dan melakukan kegiatan lain yang berkaitan dengan keuangan.

Sistem perbankan di indonesia sendiri menganut asas demokrasi ekonomi maksudnya adalah perbankan menjalankan tugas dengan prinsip yang adil dan sangat berhati hati sementara itu tujuan dari perbankan ini adalah menunjang perekonomian di indonesia menunjang pembangunan nasional demi kesejahteraan hidup dan meningkatkan pemerataan pembangunan serta mengawasi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional demi kesejahteraan hidup manusia.

a. Tugas dan Fungsi Perbankan secara khusus

  1. Sebagai pengimpun dana
  2. Sebagai penyalur dan pemberi kredit bank
  3. Sebagai pelayan jasa

b. Tugas dan Fungsi Perbankan secara Umum

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  2. Menetapkan target moneter dengan mempertimbangkan laju inflasi yang sedang terjadi sekarang ini
  3. Melakukan pengendalian moneter dengan cara operasi pasar terbuka di pasar uang penetapan dikonto, menetapkan cadangan wajib minimum, serta pengaturan dan biaya kredit
  4. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  5. Melaksanakan dan memberikan persetujuan atau izin atas jasa sisa pembayaran
  6. Mengharuskan untuk membuat dan menyampaikan laporan krgiatan pada penyelenggara jasa sistem pembayaran
  7. Menetapkan penggunaan alat pembayaran

B. Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Perbankan

Mulainya berkembangan industri keuangan dalam lembaga perbankan maupun non perbankan barjalan begitu cepat pada saat yang sama dereluhasi di bidang moneter kompetisi bisnis prefrensi jasa keuangan yang sudah canggih perkembangan teknologi dan komunikasi ini sudah memicu perkembangan industri perbankan Kemajuan teknologi dan informasi tela memungkinkan lembaga yang dulunya bergerak di sektor industri non keuangan mengalihkan dan mendefinisikan bisnisnya kesektor keuangan.

Implikasinya persaingannya begitu ketat ada beberapa aktifis perbankan yang dirambah antara lain middle and wholesal, retail, bank to bankmarchandization, insurance, international banking, investment service dan pelayanan informasi dan strategi lainnya.

Dengan demikian terdapat koinsidensi dimana berbagai derelugasi di sektor keuangan telah meluas kan pasar sedangkan teknologi pada saat yang bersamaan memberikan sebuah dukungan terhadap usaha pemasaran serta kemajuan akses dan pengolaan data dan menggunakan nicroprocessore sejak tahun 1979 dan jasa telekomunikasi tang relative murah dan juga mendorong perubahan dalam menawarkan produk jasa keuangan serta struktur harga khususnya diindustri sekuritas hal ini sangat logis mengingat industri keuangan sedang di jangkit sekuritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *