Sisi Negatif Globalisasi di Bidang Politik bagi Pemerintah Internal Suatu Negara Adalah

Sisi Negatif Globalisasi di Bidang Politik bagi Pemerintah Internal Suatu Negara Adalah – Helo sobat baca semua kali ini saya akan membahas tentang ” Sisi Negatif Globalisasi di Bidang Politik bagi Pemerintah Internal Suatu Negara Adalah ” untuk artikel terbaru hari ini dan saya akan berikan jawabannya.

Globalisai politik adalah proses masuknya suatu pola atau nilai yang bisa di terima seluruhnya karena memiliki bisa membawa pembaharuan dan akan menguntungkan di bidang politik contohnya seperti menjalin kerja sama dengan negara lain dan membentuk sebuah organisasi internasional. Globalisasi politik ini pun bisa di sebut dengan global governance.

Ada 3 Sisi Negatif Globalisasi di Bidang Politik bagi Pemerintah Internal Suatu Negara yaitu:

  1. Melemahnya Peran Negara

Kekuasaan yang di miliki suatu negara akan melemah seiring datangan agen baru yang di dukung dengan semangat globalisasi.

Agen baru tersebut adalah korporasi multinasional dan lembaga internasional. dalam merancang kebijakan publik korporasi bisa mempengaruhi pemerinah.

Lembaga internasional juga memiliki sebuah kepentingan yang bersifat tradisional.

Melemahnya peran suatu negara cenderung adanya bergantian tanggung jawab untuk mengatur masyarakat dari negara ke korporasi.

2. Kebijakan Publik Berada di Tangan Privat

Globalisasi memberi kecenderungan kearah kebijakan publik yang sudah beralih ketangan privat. maksudnya urusan yang berkaitan dengan publik di tentukan oleh agen yang sudah orientasi untuk mendulang profite.

Publik tidak akan di posisikan subjek kebijakan melainkan kunsumen produk perusahaan.

3. Meningkatkan Ketergantungan Negara Terhadap Lembaga Internasional

Melemahnya sektor negara bisa menguntungkan korporasi dan lembaga internasional.

Banyak Negara yang masih menyandarkan harapan hidupnya pada lembaga internasional tersebut. Hubungan antara negara dan lembaga internasional bukan saling menguntungkan namun malah sangat merugikan negara.

Leave a Comment