Pengertian Etos Kerja

Pengertian Etos Kerja

Posted on

Pengertian Etos Kerja – Merupakan sebuah perilaku positif dan fondasi yang bisa mencakup motivasi untuk menggerakan mereka, karakteristik utama, spirit dasar, pemikiran dasar, kode etik, kode moral, kode perilaku, sikap, aspirasi, keyakinan, prinsip, dan standar.

Contoh di atas adalah sebuah etos kerja adalah cerminan kedisiplinan, semangat dan produktivitas yang di miliki seseorang, seseorang yang memiliki etos kerja yang rendah menjadikan produktivitas dirinya menjadi rendah juga.

A. Karakteristik

Etos kerja dapat kita saksikan di dalam kehidupan sehari hari, karakteristik etos kerja yang tinggi dan yang rendah ada di bawah ini:

a. Etos kerja tinggi

  1. memiliki motivasi kerja yang tinggi baik eksternal maupun internal.
  2. memiliki orientasi masa depan.
  3. moralitas adalah keseriusan dalam hal kerja.
  4. kerja keras serta menghargai waktu.
  5. kedisiplinan dalam bekerja.
  6. hemat dan sederhana.
  7. tekun dan ulet.

b. Etos kerja rendah

  1. merasa bahwa bekerja adalah hal yang membebani.
  2. kurang dan bahkan tidak menghargai hasil kerja.
  3. kerja di pandang sebagai suatu penghambat dalam memperoleh kesenangan.
  4. kerja dilakukan sebagai bentuk keterpaksaan.
  5. kerja di hayati hanya sebagai rutinitas hidup.

B. Manfaat

Hukum alam akan selalu memberikan hasil yang adil bagi semua manusia yang menerapkan etos kerja ini dengan baik akan memberikan seseorang manfaat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *