Pendidikan di Masa Pandemi

Pendidikan di Masa Pandemi – Seluruh dunia dikagetkan oleh pandemi covid 19 hampir diseluruh dunia khususnya di indonesia.

Pemerintah sendiri mulai melakukan penerapan kebijakan untuk bertujuan memutus penularan virus covid 19 ini dengan melakukan physicaldistancing, untuk menghindari dari tempat keramaian dampak covid 19 di rasakan berbagai bidang khususnya pendidikan, Akibat wabah covid 19 ini para siswa melakukan kegiatan belajar dengan secara online.

  1. Pembelajaran dimasa pandemi covid 19

Pembelajaran online sendiri dipilih selama wabah covid 19 walaupun meski banyak tantang yang harus dihadapi oleh peserta didik guru dan orang tua seperti harus siap sarana dan prasarana tidak ada standar untuk hasil pembelajaran fasilitas pembelajaran contohnya konektivitas jaringan internet dan peralatan komunikasi lainnya contoh laptop dan smartphone.

Pola pembelajarannya yang biasanya onsite berubah menjadi online dan model pembelajarannya yang awalnya tatap muka menjadi tatap layar, peluang ini perlu terus di kembangkan karena ini model pembelajaran berbasis IT yang sangat cocok dengan revolusi industri 4.0.

2. Peran orang tua

Pandemi covid 19 menyadarkan semua orang tua bahwa beban pendidikan anak tidak bisa hanya di serahkan pada guru begitu saja tetapi peran orang tua yang begitu besar bagi pembentukan dan pembelajaran sebuah karakter dan sikap seseorang.

Orang tua yang menjadi mentor pendampinng di rumah ini merupakan role model perubahan sikap bagi peserta didik dalam perilaku dan bisa menghadapi permasalahan saat ini mampu menanamkan pola pikir yang positif .

Pembelajaran sendiri tidak fokus pada objek yang hendak di pelajari, tetapi juga fokus bagaimana cara berpikirdan perilaku, ranah pembelajaran bukan hanya soal keahlian yang di dapatkan tetapi juga memiliki pola pikir untuk menghadapi permasalahan.

3. Belajar dari rumah

Kebijakan belajar dari rumah menurut guru dan peserta didik untuk menguasai teknologi digital, mereka juga perlu mengenal serta memahami media yang berbasis online.

Kebijakan belajar dari dirumah akan masih terus dilaksanakan sebagai cara alternatif yang begitu baik untuk melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid 19 ini hanya memerlukan penyempurnaan dalam mendapatkan hasil yang bermanfaat yang bisa di rasakan oleh peserta didik.

Kementrian pendidikan dan kebudayaan sendiri sudah mengeluarkan panduan pembelajaran yang terdapat zona hiaju di suatu daerah untuk bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka dengan tetep menggunakan protokol kesehatan yang ada.

Leave a Comment