Latar Belakang Sosiologis Pendidikan Pancasila

Latar Belakang Sosiologis Pendidikan Pancasila – Bangsa indonesia memiliki sebuah nilai yang di yakini kebenarannya dan memiliki sifat universal yakni pancasila dalam sejarah indonesia yang telah disepakati bahwa pancasila merupakan dasar negara.

Sehubungan dengan hal ini sebagai membentuk sebuah karakter bangsa tentu ini tak lepas dari pendidikan merupakan upaya untuk mengembangkan potensi dan kreativitas yang dimilikinya yaitu nilai agama, kebudayaan nasional.

a. Pengertian Pancasila

Dalam bahasa sansengkerta pancasila diambil dari kata panca = lima dan sila = syla, syla sendiri memiliki arti sendi Pancasila yang berarti lima dasar adalah nama dari dasar negara kita negara kesatuan republik indonesia.

Sudah jelas bahwa pancasila yang dimaksud adalah llima dasar negara indonesia dan berisikan isi dari pancasila yaitu:

  1. ketuhanan yang maha esa
  2. kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. persatuan indonesia
  4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

b. Dasar Sosiologi pendidikan Pancasila

Suatu bangsa indonesia yang penuh dengan kebinekaan terdiri dari 500 lebih suku bahasa yang terbagi ke suluruh indonesia lebih dari 18.000 pulau, pancasila sebagai dasar yang mengikat kita semua warga negara untuk taat kepada nilai nilai, norma serta hukum yang sudah tertulis maupun yang tidak tertulis seperti adat istiadat dan kesepakatan.

Leave a Comment