Hubungan Komponen Biotik dan Abiotik

hubungan komponen biotik dan abiotik – Helo sobat baca semua kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang menarik untuk anda buat sebuah referensi dan ilmu pengetahuan mari simak artikel ini

A. Abiotik

Adalah salah satu komponen yang ada di dalam lingkungan segala sesuatu yang tidak memiliki nyawa contohnya tanah, air, iklim, kelembapan, cahaya, dan bunyi komponen lingkungan yang terdapat mahkluk hidup komponen yang terdiri dari manusia dan tumbuhan.

B. Biotik

Adalah salah satu komponen didalam lingkungan. Kompenen ini meliputi semua faktor hidup contoh : kelompok organisme produsen, konsumen dan mengurai.

C. Hubungan Komponen Biotik dan Abiotik

Didalam ekosistem komponen abiotik dan biotik memiliki hubungan yang berdampingan serta memiliki unsur saling ketergantungan satu sama lain.

Berikut ada 2 hubungan komponen biotik dan abiotik yaitu :

  1. Saling ketergantungan antara komponen abiotik dan biotik

Suatu tumbuhan yang hijau memerlukan cahaya matahari untuk bertujuan melakukan fotosintesis sebagai bahan fotosintetis memerlukan karbon dioksida, air, dan garam mineral.

Lalu tumbuhan tersebut akan melepaskan oksigen ke udara ini sebagai contoh hasil dari proses terjadinya fotosintesis, nah ini berdampak bagus bagi lingkungan sekitar.

2. Saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai

Didalam siklus ekosistem itu sendiri tumbuhan berperan sebagai alat untuk penghasil makanan bagi seluruh makhluk hidup di dunia. maka makhluk hidup akan berperan sebagai konsumen.

contoh : padi dimakan oleh tikus lalu tikus di makan ular lalu ular dimakan burung elang kemudian burng elang itu mati dan mengalami pembusukan dan akan pengurai dan berubah menjadi zat zat yang di perlukan oleh tumbuhan.

pada ekosistem diatas biasa kita kenal sabagai istilah rantai makanan, sedangkan jaring jaring makanan adalah mempunyai hubunga dengan rantai makanan satu sama lain yang memiliki keterkaitan.

Leave a Comment