Akulturasi Adalah

Akulturasi Adalah

Posted on

Akulturasi Adalah – Proses sosial yang muncul ketika sekelompok orang dengan budaya tertentu di hadapkan dengan unsur – unsur budaya asing, budaya asing sendiri secara perlahan di terima dan di olah menjadi budaya sendiri tanpa menyebabkan bisa hilangnya unsur kebudayaan yang di miliki oleh kelompok itu sendiri.

A. Proses dari alkuturasi

Manusia adalah mahluk sosial budaya yang memperoleh perilaknya lewat belajar dari semua aspek belajar mansia, berkonikasi merupakan aspek yang paling penting karena kegiatan komunikasi berfungsi sebagai alat untuk menterjemahkan lingkungan fisik dan sosial kita .

Proses yang di lalui oleh individu untuk memperoleh aturan dari budaya dimulai dari masa awal hidupnya hingga akhir hayatnya.

Melalui proses dari sosialisasi dan pendidikan pola pola budaya ditananmkan ke dalam sistem syaraf manusia dan menjadi kepribadian dan perilaku di masing masing individu.

Proses belajar ini menjadikan manusia harus berinteraksi dengan manusia yang lain dari anggota budaya lainnya yang juga memiliki sebuah pola komunikasi serupa, proses memperoleh pola demikian oleh individu di sebut enkulturasi.

Proses dari elkuturasi memiliki sebuah pengertian proses belajar dan menyesuaikan alam pikiran serta sikap terhadap adat istiadat, sistem, norma, serta semua peraturan yang mencakup dalam kebudayaan seseorang, hubungan antara budaya dan invidu sendiri seperti dalam proses elkuturasi membuat manusia untuk menyesuaikan diri dengan keadaan.

Secara bertahap seseorang individu imigran belajar untuk menciptakan situasi dan relasi yang tepat dalam masyarakat pribumi sejalan dengan berbagai interaksi yang ia lakukan dengan orang lain, pada saatnya imigran akan menggunakan cara berperilaku masyarakat pribumi untuk menyesuaikan diri dengan pola yang dianut masyarakat setempat begitu pula sebaliknya, perubahan pola dari pola lama ke pola baru di sebut akulturasi.

B. Faktor penghambat dan faktor pendorong

  1. Faktor pendorong akulturasi

a. kontak dengan kebudayaan lain

b. sistem pendidikan formal maju

c. sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju

d. toleransi terhadap perbuatan yang menyimpang

e. sistem terbuka dalam lapisan masyarakat

f. adanya penduduk yang heterogen

g. ketidak puasan masyarakat terhadap bidang kehidupan tertentu

h. adanya orientasi kemasa depan

2. faktor penghambat akulturasi

a. perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat

b. sikap masyarakat yang tradisional

c. adanya kepentingan yang sudah tertanam dengan kuatnya

d. kurangnya hubungan dengan masyarakat lain

e. adanya berprangsangka buruk dengan hal hal yang baru

f. adanya hambatan yang bersifat ideologis

g. adat atau kebiasaan

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *