Aktivitas Pemasaran Suatu Produk Akan Lebih Terarah Jika Mengetahui Segmentasi

Aktivitas Pemasaran Suatu Produk Akan Lebih Terarah Jika Mengetahui Segmentasi

Posted on

Aktivitas Pemasaran Suatu Produk Akan Lebih Terarah Jika Mengetahui Segmentasi – Adalah pembagian kelompok konsumen atau pembeli yang mempunyai kebutuhan, karakteristik dan kebutuhan yang berbeda beda di dalam passar tertentu.

Sehingga nantinya knsumen atau pembeli tersebut menjadi satuan pasar yang homogen dan menjadi sasaran pasar dengan rancangan marketing tersendiri, dengan kata lain pasar yang tadinya satu dan luas sekarang bisa di jadikan beberapa pasar yang bersifat homogen setelah mengalami sebuah segmentasi, maka segmentasi ini memiliki tujuan untuk membuat sebuah proses pemasaran yang lebih terarah sehingga sumber daya yang anda dapat gunakan secara efektif dan efisien.

A. Tujuan dan manfaat melakukan market segmentasi

Tujuan utama pengelompokan pasar adalah untuk membagi pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen. Berikut ini ada beberapa tujuan yang di lakukan pengelompokan pasar :

  1. untuk memudahkan dalam membedakan pasar dimana minat dan selera konsumen sangat beragam sekali dan akan terus berkembang dengan mengkelompokan konsumen dengan bersifat homogen maka suatu bisnis akan lebih mudah di pahami kebutuhan dan minat konsumen maka hasilnya adalah suatu pasar akan lebih mudah untuk di bedakan dengan kelompok pasar yang lain.
  2. dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen dengan melakukan market segentasi maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
  3. strategi pemasaran menjadi lebih terarah termasuk dalam menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi dengan adanya pengelompokan pasar maka suatu bisnis dapat mengarahkan dana dan usahanya ke dalam market yang potensial dan lebih menguntungkan.
  4. lebih mudah mengenal kompetitor sehingga dapat merebut perhatian konsumen.
  5. lebih mudah dalam mengevaluasi target dan rencana bisnis.

Segmentasi pasar dilakukan bukan tanpa alasan tetapi adanya beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh suatu bisnis diantaranya sebagai berikut:

  1. dapat memiliki dan menerapkan sebuah ide pemasaran yang lebih baik.
  2. akan lebih membantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
  3. untuk mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
  4. dapat menyusun dan menggunakan badget yang ada secara efektif dan efisien,
  5. akan lebih membantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  6. akan berada di situasi yang lebih menguntungkan di pasar.

B. Dasar dan syarat syarat segmentasi pasar

  1. demografis yaitu dasar pengelompokan pasar yang didasarkan pada kondisi demografis yang meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras dan sebagainya.
  2. geografis adalah dasar pengelompokan pasar yang didasarkan aspek geografis yang meliputi lokasi atau daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk.
  3. psikografis adalah dasar pengelompokan pasar yang di dasarkan ciri ciri kepribadian yang meliputi kepribadian, kelas sosial dan gaya hidup.

Berikut ini adalah beberapa syarat dari segmentasi pasar yang efektif dan dapat di lakukan oleh pebisnis:

  1. pengelompokan pasar harus terukur baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut.
  2. pengelompokan pasar harus dapat di laksanakan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik.
  3. segmentasi pasar harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika di layani oleh perusahaan.
  4. segmen pasar yang di kelompokan harus dapat dibedakan dengan jelas.
  5. pengelompokan pasar harus dapat dilayani atau di jangkau oleh sumber daya yang di miliki oleh perusahaan.

C. Pentingnya melakukan market segmentasi

Dengan adanya segmentasi ini maka para pebisnis dapat mengenal target para konsumen secara mudah karena lebih mengenal pasar maka para pebisnis akan lebih fokus dalam merancang strategi pemasaran termasuk menentukan media komunikasi yang sesuai dengan segmentasinya selain itu pembisnis juga dapat lebih mudah dalam mempersonalisasi usaha pemasaran agar lebih sesuai dengan masing masing segmentasi.

Segmentasi tersebut juga bisa memecahkan satu utama dalam pemasaran yaitu untuk menciptkan lebih banyak konversi, konversi pada dasarnya adalah ketika audience pemasaran melakukan suatu sesuai call-to-action yang di tawarkan contoh anda mengirimkan e-mail newsletter kepada para pelanggan, ketika pelanggan tersebut membuka e-mail maka hal tersebut sudah termasuk bentuk dari konversi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *