Akhir Perang Dunia II

Akhir Perang Dunia II

Posted on

Akhir Perang Dunia II – Setelah selama empat tahun terlibat dalam pertempuran sengit pasukan dari uni soviet akhirnya melancarkan serangan ke berlin pada tanggal 16 april 1945.

Pasukan Nazi jerman sebelumnya menginvasi uni soviet pada bulan juni 1941 dan membunuh puluhan juta orang warga sipil dan serdadu dari negara itu sendiri.

Namun pada bulan april 1945 Nazi jerman yang di pimpin oleh Adolf Hitler berlutut, lini pertahanan yang sudah rapuh dan tidak lagi terorganisir harus mengadapi serangan dua kelompok tentara dari uni soviet dari arah timur dan selatan.

Jadi dari secara keseluruhan sekitar 1,5 juta sedudu soviet menampung dan menyerang ibu kota jerman, serangan itu secara gempuran besar besaran terakhir dalam perang di eropa.

Adolf Hitler menolak untuk meninggalkan berlin dia menghabiskan hari hari terakhir dalam hidupnya di bawah tanah kota berlin, di suatu tempat yang bernama Fuhrerbunker.

Publik terakhir kali melihatnya saat dia berulang tahun pada usia ke 56, pada tanggal 20 april 1945 untuk menyematkan mendali ke sejumlah orang yang mempertahankan kota.

Pada hari yang sama pasukan uni soviet mulai membombandir pusat kota, tiga hari kemudian berlin seluruhnya mulai terkepung, pada saat itu pasukan Nazi kalah jumlah dan senjata mereka hanya mampu memperlambat laju dari tentara soviet.

Pada tanggal 30 april 1945 Hitler buduh diri satu hari setelah menikahi eva braun, jenazah mereka dibawa ke atas dan di bakar ditanah bekas ledakan bom terdekat lokasi.

Tak lama kemudian pasukan dari uni soviet merebut gedung parlemen jerman alias Reichstag, sebuah foto terkenal yang memperlihatkan seseorang berdadu soviet mengibarkan bendera di atas gedung menggambarkan peristiwa tersebut.

Berlin juga secara resmi menyerah pada tanggal 2 mei, walaupun pertempuran dikota itu masih berlangsung sampai kemenangan sekutu di eropa terjadi pada 8 mei 1945.

Kondisi kota berlin sendiri di penuhi puing puing, pasukan uni soviet yang menduduki kota membagika roti dan kebutuhan pokok kepada warga sipil namun sejumlah serdadu juga melakukan kekejian terhadap mereka.

Selagi warga sipil membersihkan puing puing di kota tersebut para pemimpin amerika serikat, inggris dan uni soviet bertemu di kota potsdam di pinggir berlin beberapa bulan setelah perang berakhir untuk membentuk perdamaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *